Friday, September 16, 2011

30 Seconds To Mars @JRL 2011




Setelah upload foto-foto highlight JRL 2011 yang lalu, mungkin sekarang saya coba untuk upload satu-persatu band-band yang berhasil saya potret.. Beberapa foto mungkin ada yang repost dari album highlight.

Kita mulai dari 30 Seconds To Mars (urutan posting tidak harus sesuai dengan jam manggung si band.. that's my rule.. :p). Perhatian utama masyarakat yang hadir di Pantai Karnaval Ancol (halah, bilang aja penonton.. -_-) tentunya tertuju kepada sang frontman, Jared Leto yang konon kabarnya ganteng, sehingga wajar kalau mayoritas fans 30 Seconds To Mars adalah kaum hawa.

30 Seconds To Mars seharusnya dijadwalkan tampil pada pukul 11 malam di Gudang Garam Main Stage (bukan promo rokok, karena begitulah nama stage-nya), namun karena permintaan manajemen band, jadwalnya diundur menjadi pukul 00.45. sepertinya si band ingin agar perhatian semua penonton di JRL ini tertuju pada mereka. Kalau gak suka sama band ini tinggal pulang.

Memotret 30 Seconds To Mars bagi saya cukup merepotkan. Pertama, fotografer tidak boleh masuk memotret dari media pit. Oke, berarti saya harus bersaing dengan ribuan penonton lain yang mana disana banyak sekali fans beratnya untuk mendapatkan spot yang cocok untuk memotret. Kedua, memotret dari tengah penonton tentunya harus siap fisik dan mental, karena penonton tentunya akan bersenang-senang selama pertunjukan berlangsung, dari mulai yang jerit-jerit histeris dan sing along, mengikuti instruksi frontman buat angkat tangan atau loncat2, hingga asik joget-joget sendiri. Jaga baik-baik kamera kita, kalau gak memungkinkan buat motret jangan terlalu maksa.

Ketiga, di Indonesia (macam pernah motret di luar negeri aja), memotret dari penonton berarti akan berhadapan dengan barikade acungan handphone, kamera pocket hingga penonton yg motret pake iPad sodara-sodara, bahkan ada juga yang membawa DSLR dan memotret dengan mengangkat kameranya, berharap hoki dari yang apa dia jepret. Keempat, Strobe-Lighting khas 30 Seconds To Mars akan mengacaukan metering kamera kita. Tak sedikit foto2 saya yang over maupun underexposure karena perubahan cahaya yang begitu cepat dan signifikan (tapi yg gagal gak dimuat lah ya.. yg saya anggap sukses aja belum tentu bagus.. heuheu).

Well, itulah tantangannya. Setelah kasak-kusuk mencari tempat yang pas (mudah2an gak ada yg terganggu ya.. peace.. :D).. akhirnya saya dapet di sebelah kanan panggung (orientasi kanan adalah arah kanan dengan acuan saya menghadap panggung). Awalnya saya di belakang banget, tapi sedikit2 bisa menyusup ketika ada penonton yg memilih mundur karena lelah atau kepanasan, hingga tiba di titik yang saya tidak bisa lebih maju lagi karena kepadatan massa tidak memungkinkan saya untuk menerobos. Dengan demikian saya bisa mendapatkan posisi yang lumayan untuk memotret si Jared tapi tidak bisa merekam kemegahan strobe light-ya..

Overall, 30 Seconds To Mars sukses membahagian fans-nya di Jakarta.. teriakan Jared I love you masih terngiang saat band ini undur diri setelah membawakan lagu terakhir mereka di panggung,

Demikianlah kira-kira yang bisa dicatat dari penampilan mereka, alhamdulillah masih ada sisa-sisa memori yg bisa dikorek, karena eventnya udah hampir dua bulan yg lalu.. :D

Oiya, baru tau juga feature import foto di multiply dari picasa.. kebetulan saya punya google plus dan album ini aslinya di-upload disana, terus diimpor ke multiply. Senangnya.. jadi kedepannya gak akan makan bandwidth banyak lagi buat upload.. :D..

kalo mau add google plusnya boleh banget (promo ^_^).. ditunggu di
https://plus.google.com/112494915500731144310

:D..









22 comments:

  1. waduh, aku tau nih siapa yang bakalan bahagia banget ngeliat ini :D

    ReplyDelete
  2. HUWAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

    *kapsloknya kejabrot*

    ReplyDelete
  3. "The one and only...Dani, Ai lap yu!"

    -- mimisan --

    ReplyDelete
  4. "Daniii...where are you????"

    -- dibante --

    ReplyDelete
  5. itu bendera kalo gw dapetin, gw pasang di depan rumah 24/7/356

    ReplyDelete
  6. sayang yaah...Shannon ketutupan simbal..

    *gak papa, jadi Jared tanpa tandingan*
    -- peloek --

    ReplyDelete
  7. Sabar yah, akang Jared..kalo mau meluk tar di back-stage ajah..

    -- dikubur Echelon --

    ReplyDelete
  8. waduh...nyampah di blognya mas Alex

    maap

    -- sungkem --
    -- tetep donlod poto2 kerennya --
    -- matur nuwun --
    -- sungkem lagi --
    -- mindik mindik --
    -- kabur --

    ReplyDelete
  9. tuh kan Mas.... jangan dirimup yah Daninya nanti bisa nangis sampe banjir hehehehe

    ReplyDelete
  10. huahahahaha... asik komen2nya.. ampe ngakak2 gw... thanks ya.. :D...

    ReplyDelete
  11. iya.. hahaha... tenang.. gak akan diremove kok.. :p...

    ReplyDelete